Powered by Blogger.

Saturday 1 November 2014

kapal apung, bukti dahsyatnya gelombang tsunami

Unknown / / 0

kapal apung, bukti dahsyatnya gelombang tsunami
kapal PLTD apung

kapal apung, bukti dahsyatnya gelombang tsunami-Ini kesekian kalinya tulisan aku tentang aceh, tanah rencong tempatku berpijak saat ini dan sampai kapanpun. Setelah tulisan aku tentang aceh gila(baca: betulkah aceh itu "pungo"(gila)? ) dan rumah  adat bangsa aceh(baca: menatap rumah bangsa aceh tempo dulu). Maka, kali ini aku tulis tentang dahsyatnya gempa dan tsunami aceh.
Gempa dan tsunami 2004 silam telah banyak membawa perubahan pada aceh. Aceh yang dulu didera konflik setelah musibah besar itu berdamai dengan pemerintah RI. Semua  mata di dunia ini memperhatikan aceh dengan kepedulian kemanusiaan yang tinggi. Bencana gempa dan tsunami telah menghancurkan tatanan masyarakat aceh dan kerugian material yang  begitu banyak. Rumah, mesjid, gedung perkantoran, gedung sekolah dan lain-lain hancur diamuk air pasang laut. bahkan ada disebagian daerah semua bangunan rata dengan tanah tanpa ada yang tersisa kecuali mesjid berdiri dengan megah dengan kekuasaan Allah. Salah satu kedahsyatan tsunami Aceh 2004 silam adalah kapal PLTD apung yang berada di pinggir pantai dibawa arus tsunami sampai ke pemukiman penduduk yang berjarak beberapa kilometer. Tidak pernah bisa menyangka hal itu bisa terjadi tapi bagi Allah itu hal yang mudah.
            Kapal PLTD apung adalah kapal pembangkit listrik tenaga diesel. Saat ini kapal tersebut berada di pemukiman penduduk di gampong punge kecamatan         kota banda aceh dan menjadi salah satu tempat wisata di banda aceh. Begitu dahsyatnya, kapal dengan  bobot ribuan ton mampu diseret oleh gelombang tsunami. Pemerintah menjadikan kapal ini sebagai tempat wisata tsunami yang ramai di kunjungi oleh masyarakat. Orang-orang yang datang dari luar daerah ke Banda Aceh juga menyempatkan menginjakkan kakinya di lokasi kapal apung tersebut. Pemerintah pun berupaya semaksimal mungkin menjadikan lokasi kapal apung ini menarik dan nyaman bagi para pengunjung. Terbukti saat ini telah ada jembatan yang memudahkan pengunjung jalan di lokasi kapal apung. Pemerintah juga membangun menara yang di atas menara disediakan teropong untuk melihat-liat kota Banda Aceh dari atas kapal dan menara.
            Di dekat lokasi kapal itu juga dibangun tugu tsunami yang bertuliskan nama-nama korban di sekitar gampong tersebut. Ada pula replika gelombang tsunami yang menelana rumah-rumah penduduk, tempat ibadah dan lain-lain. bagi kawan-kawan yang ingin mengunjungi kapak apung cukup hanya bermodalkan keinginan dan uang parkir Rp 2.000 saja. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli soevenir aceh yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah karena di depan lokasi kapal apung ada toko-toko kecil yang  menjual soevenir khas aceh seperti, tas motif aceh, kopi aceh, gantungan kunci khas aceh dan masih banyak yang lain lagi, pokoknya menariklah. Hehe

            Pemerintah aceh juga membangun sebuah museum untuk mengenang tragedi tsunami(baca:kisah tsunami di bangunan megah). Ini untuk pelajarang untuk kita semua dan untuk anak cucu kita nantinya. Kapal apung adalah salah satu dari sekian banyak bukti kekuasaan Allah pada saat terjadi tsunami di aceh 2004 silam. Di lain waktu dan kesempatan aku akan menceritakan yang lainnya. Semoga aceh saat ini lebih baik dan akan sangat lebih baik pada masa-masa yang akan datang.
semoga saja  

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity