Powered by Blogger.

Saturday 27 September 2014

makam po teumeureuhom daya di lamno aceh jaya

Unknown / / 0

depan bangunan makam




makam nya beliau


Aceh negerinya para raja yang hebat pada jaman nya. Banyak kerajaan yang berdiri di aceh dan mencapai puncak kejayaannya. Salah satu nya adalah kerajaan lamno jaya. Kerajaan yang berdiri pada tahun 1480 M dengan raja pertamanya po teumeureuhom. Makam beliau terletak di atas bukit di lamno. Aku sudah berkesempatan mengunjungi sekaligus berziarah ke makam beliau. Akan kuceritakan bagaimana jak wet-wetku kali ini.
Dari banda aceh untuk mencapai lamno lebih kurang dua jam, itu pun sesuai dengan kecepatan menuju kesana. Kalau ngebut bisa kurang dari dua jam untuk sampai kesana. Aku rasa semua orang tau jalan ke lamno,aceh jaya. Jangan merasa rugi kawan-kawan untuk pergi kesana. Sepanjang perjalanan akan di isi dengan pemandangan-pemandangan yang menakjubkan. Dimulai dari pemandangan pantai lhok nga. Pabrik semen andalas dan juga bukit yang selalu berada di pinggir kita. Pertama-pertama kita akan melewati lhoknga. Kemudian ke lhong sampai kejalan yang lurus dengan pemandangan bibir pantai yang membuat mata berbinar. Mulailah memasuki kawasan aceh jaya. Jalan yang berliku-liku, mendaki dan turunan akan menanti didepan mata. Berhati-hatilah dalam men gendarai. Jangan ugal-ugalan karena maut tidak bisa diduga datangnya. Kawasan gunung geurute juga siap menghadirkan keindahan alam buat sobat semua. Sebelah kiri bukit-bukit yang tinggi dan di sebelah kanan jurang yang lansung ke laut lepas. Di puncak gureute ada tempat persinggahan untuk sekedar memadangi laut raya dari atas ketinggian. Takjub itu sudah pasti. Begitu besar keesaan Allah.
Perjalanan berlanjut untuk sampai ke lamno. Untuk menuju ke makam poe teumeureuhom selepas pasar lamno ada persimpangan. Berbelok lah ke kiri untuk meneruskan perjalanan. Jalan tersebut juga untuk menuju ke dayah BUDI lamno. Kalau sobat-sobat bingung langsung tanyakan pada warga sekitar kemana jalan ke dayah BUDI lamno. Karena dayah tersebut satu jalan untuk menuju ke makam poe teumeureuhom daya. Tetap mengendarai sampai mendekati pantai. Kemudian pandang lah ke atas bukit. Itu lah komplek makam po teumeureuhom daya.
Komplek makam dijaga oleh seorang kakek. Sobat-sobat bisa menanyakan sejarah raja po teumereuhom pada kakek ini. dalam komplek makam ada balee yang bisa di gunakan untuk tempat istirahat dan juga di sediakan musalla untuk salat. Makam po teumeureuhom di pagar sehingga tidak boleh untuk di masuki. Dari cerita kakek tersebut, selain makam po teumereuhom ada juga makam keluarganya dan ada juga pengikut setia beliau.
Jadi apa lagi yang ada di tunggu. Ini sejarah kita aceh. Pelajari, lestarikan dan belajarlah dari sejarah masa lalu. Datangi, kunjungu dan ziarahi makam po teumeureuhom sebagai bukti kita peduli dengan peninggalan sejarah.

Jak wet-wet eu aceh. Jangan hanya membaca dan mendengar. 

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity