Powered by Blogger.

Saturday 20 September 2014

3 gangguan makan yang berbahaya

Unknown / / 0
Dua macam gangguan makan utama adalah anoreksia norvosa dan bulimia nervosa.  Kedua gangguan tersebut memiliki beberapa ciri yang sama, ciri terpenting adalah ketakuatan yang sangat mendalam akan mengalami kegemukan. Aku akan membahas satu persatu disiini. 
1. Anoreksia nervosa

Simtom-simtom anoreksia nervosa mencakup penolakan untuk mempertahankan berat badan normal, ketakutan yang sangat mendalam akanmenjadi gemuk,distordasi pandangan
gangguan makan yang aneh
terhadap bentuk tubuh, dan para perempuan, amenoria.
Anoreksia nervosa umumnya terjadi pada pertengahan remaj, sepuluh kali lebih banyak terjadi pada perempuan dibanding pada laki-laki. Perjalanan penyakitnya tidak menguntungkan dan membawa kematian.  Secara umum dapat dikatakan anoreksia nervosa adalah gangguan pada individu sehingga individu tersebut takut berlebihan bila badannya gemuk. Terapi keluaraga salah satu cara untuk menyembuhkan gangguan anoreksia.
2. Bulimia nervosa

aneh-anehnya gangguan

Simtom-simtom bulimia nervosa mencakup episode makan berlebihan yang di ikuti dengan pengurasan, takut menjadi gemuk, dan distorsi citra tubuh. Bulimia berawal dari masa remajalebih sering terjadi pada perempuan di banding dengan laki-laki. Pengidap gangguan ini sering kali selesai makan akan memuntahkan makanannya karena takut akanmenjadi gemuk. Gangguan bulimia perlu di rawat inap di rumah sakit. Penanganan yang paling baik untuk gangguan bulimia adalah penanganan kognitif perilaku. 
3. Gangguan makan belebihan

sekali makan bisa sampai 3 piring

Sebenarnya belum tercamtum dalam DSM-IV-TR tapi ada beberapa diagnosis yang perlu dipelajari lebih lanjut. Gangguan ini mencakup makan berlebihan yang berulang(dua kali seminggu sekurang-kurangnya 6 buklan), kurangnya kontrol dari selama episode makan berlebiha, dan merasa tertekan karena makan berlebihan, serta berbagai karakteristik lain, seperti makan dengan cepat dan makan secara diam-diam. Tapi tidak sama dengan dua gangguan di atas . tidak ada terjadinya penurunan berat badan dan tidak adanya perilaku pengurasan, berpuasa atau olahraga berlebihan. 

Sekian sobat-sobat sekalian tentang gangguan makan yang suda pernah terjadi pada manusia. Mari kita cegah terjadinya gangguan tersebut pada  kita. Karena gangguan tersebut bisa membuat nyawa kita meregang  Semoga bermamfaat. Selalu kujungi blog aku ini karena banyak informasi yang bisa sobat dapatkan..
Sampai jumpa di kesemapatn selanjutnya. 
Insya Allah. 

3.   



Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity