Powered by Blogger.

Tuesday 25 November 2014

Asal Usul Nama Aceh

Unknown / / 0
Asal Usul Nama Aceh-Banyak sekali riwayat tentang asal usul kata Aceh yang berkembang dalam kehidupan masyarakat Aceh. Ada yang mempercayainya dan ada pula menganggap hanya sebagai dongeng sebelum tidur saja. Terlepas dari semua itu, aku akan menceritakan disini beberapa versi riwayat tentang asal muasal kata Aceh yang bertujuan untuk sekedar mengetahui dan tentunya untuk kita merasa lebih dekat dengan Aceh.

Asal Usul Nama Aceh
ilustrasi

Riwayat I

Sebelum tahun 400 masehi orang-orang luar menyebut nama Aceh dengan sebutan Rami atau Ramni, sementara orang Tiongkok menyebutnya Lanli, Lanwu li dan Nan poli. sementara orang Arab menyebutnya dengan sebutan Asyi yang artinya Aceh. Riwayat pertama berwal dari kisah tentang kedatangan rombongan orang Budha dari Cina, ketika berlayar di laut Aceh mereka melihat aneka cahaya di atas gunong Seulawah. Mereka kemudian berucap” acchera vaata bho” yang artinya alangkah indahnya. Dari kata itu kemudian lahir kata Aceh.

Riwayat II

Riwayat yang kedua menceritakan bahwa pada masa lalu ada dua putri yang sedang mandi di sungai, adiknya sedang hamil. Ketika mereka sedang mandi tiba-tiba ada rakit batang pisang hanyut di depan mereka maka dua putri itu pun segera menghampiri batang pisang tersebut. Betapa terkejutnya mereka karena di atas rakit batang pisang tersebut adalah sesosok bayi. Sang  kakak pun berkata pada adiknya.
“ Dik, kamu kan sedang hamil berarti akan segera memperoleh anak, jadi berikan bayi itu untuk kakak” Pintanya.
“baiklah, tapi kita bawa pulang kerumah jangan sampai diketahui orang” Jawab adiknya.
Mereka pun segera pulang ke rumah menyiapkan segala sesuatu untuk merawat bayi tersebut. Untuk tidak membuat penduduk sekitarnya curiga, maka sang kakak di persiapkan untuk madeung yaitu persiapan ibu hamil selama 44 hari. Setelah itu dia pun membawa turun bayi itu kerumahnya. Penduduk yang melihatnya menjadi heran. Mereka bertanya-tanya anak siapa itu.
“ adoe nyamg mume, a nyang ceh,” kata seorang penduduk yang artinya adik yang hamil kok kakak yang melahirkan. Kata adoe nyang mume a nyang ceh lama-lama menjadi kata Aceh.

            Riwayat III

Riwayat lain mengatakan Aceh itu berasal dari karakter orang aceh itu sendiri. Karakter bangsa aceh dinilai tidak mudah pecah. Hal itu diterjemahkan dari kata “ a” yang artinya tidak dan “ceh” yang artinya pecah. Jadi Aceh artinya tidak pecah.
Itulah beberapa riwayat tentang asal mula kata Aceh. Banyak riwayat-riwayat lain tentang asal usul kata Aceh yang Insya Allah akan aku tulis pada kesempatan selanjutnya. Kita sebagai orang aceh tentu harus melestariakan cerita-cerita tentang bangsa jita sendiri walaupun belum bisa dibuktikan dengan sesungguhnya. Setidaknya kita mengetahui siapa diri kita dan darimana kita berasal.
Aceh Darussalam.


Di olah dari : “legenda Aceh” karya Iskandar Norman dan beberapa sumber lain. 

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity