Powered by Blogger.

Thursday 20 November 2014

Menatap rumah bangsa aceh tempo dulu part II

Unknown / / 0
rumoh aceh
rumoh aceh(sumber :google)

Menatap rumah bangsa aceh tempo dulu part II-Rumah aceh untuk saat ini jarang sekali dapat dtemui, barangkali ada tapi tidak lagi yang seperti dulu. Rumah-rumah sekarang ini hanyalah sedikit dari sisa masa lalu. Di tulisan sebelumnya aku berjanji bagaimana keindahan seni yang terdapat dalam rumah bangsa Aceh. Rumah aceh dibuat dari kayu-kayu pilihan yang terdapat dalam rimba aceh di zaman dulu. Kayu pilihan tentunya memiliki yang kualitas yang tinggi sehingga bisa bertahan ratusan tahun lamanya. Kayu seperti meranti dan lain lagi sebagai bahan dasar untuk membangun rumah aceh.
            Rumah aceh mempunyai ukiran khas aceh yang terletak di  pintu rumah dan pada atap rumah dibagian luar. Di atap biasanya akan diukir tanggal didirikannya rumah itu dengan motif khas aceh yang akan mengelilingi tanggal tersebut. Ukiran yang terletak dipintu disebut dengan Pinto Aceh. Pinto aceh ini memiliki ciri khas yang unik dengan corak indah.
            Zaman aceh dulu bagaimana keindahan rumah seseorang itu akan membuktikan derajatnya dalam kehidupan bermasyarakat. Seseorang yang mempunyai rumah yang indah dengan ukiran-ukiran yang indah pula maka semakin merasa tinggi derajatnya dalam kehidupan masyarakat. Begitu juga sebaliknya, seseorang yang biasa-biasa saja maka ia biasa-biasa juga derajatnya di mata masyarakat.
            Kaum-kaum feodal yang berperan sebagai kaki tangan belanda yang bisa menikmati memiliki tempat kediaman yang indah seperti tersebut. Kaum ulebalang yang saat ini jabatannya seperti camat yang punya kekuasaan dalam mengurus segalanya dalam kehidupan masyarakat. Terlepas dari semua itu yang telah menjadi masa lalu yang pantas dikenang dan diungkit-ungkit kembali, aku hanya membahas tentang rumoh aceh yang telah aku sebutkan diatas tadi. Demikian yang dapat aku sampaikan, akan bertemu pada lain kesempatan.

 Oia hampir lupa bagi saja yang diluar daerah, luar negeri berkunjung melihat-lihat ke aceh lebih dalam. Come on let’s go to aceh.   

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity