Powered by Blogger.

Sunday 23 November 2014

Kota Banda Aceh Dalam Lintasan Zaman

Unknown / / 0
Kota Banda Aceh Dalam Lintasan Zaman-Kota yang dulunya bernama Kuta Raja saat ini telah menjelma bak kota metropolitan di aceh. Kota Banda Aceh yang terletak diujung aceh yang berdekatan dengan selat  malaka dan samudera hindia. Banyak sekali sejarah mencatat tentang kemegahan dan kemahsyuran kota Banda aceh(kutaraja) di masa lalu. Kota yang dikunjungi oleh pedagang-pedagang dari manca negara untuk berdagang ke negeri aceh darussalam pada masanya itu. Masyarakatnya yang mudah menerima pendatang menjadi suatu hal yang positif sehingga terjadi pertukaran budaya.

Kota Banda Aceh Dalam Lintasan Zaman
kota Banda Aceh

Sekarang ini banda aceh adalah pusat pemerintahan aceh. Kota yang saat ini lagi mencanangkan kota madani sedang giat-giatnya berbenah diri dari segala ospek untuk menjadi kota idaman bukan hanya untuk warganya tapi juga untuk pendatang dan menjadi model kota madani bagi kota-kota lain di nusantara indonesia ini. Aceh saat ini yang lagi mengupayakan tegaknya syariat islam sesuai dengan yang sebenarnya.
Banda aceh dari zaman kerajaan sudah dikenal sebagai pusat perdagangan internasional yang di singgahi oleh kapal-kapal pedagang dari berbagai belahan dunia. Pendatang banyak pula yang berbaur dengan masyarakat sehingga menetap lama dengan orang-orang aceh dan bahkan sampai mengawini perempuan aceh kemudian menetap di Aceh. Maka jadilah orang-orang aceh masyarakat yang plural.
Banda aceh yang saat ini di pimpin oleh walikota perempuan ingin menjadi contoh model kota madani yang berlandaskan prinsip-prinsip syariat islam. Untuk struktur penataan aku rasa sudah lumayan teratur sehingga tata kota nampak rapi dan indah. Pusat perbelanjaan yang sudah semakin ramai menjadi mesin ekonomi sebuah kota walaupun harga-harga barang/jasa di Banda aceh agak lumayan melambung tinggi di bandingkan dengan beberapa wilayah lain di Aceh. Ia maklumlah namanya aja perkotaan yang pastinya yang menetap disini kalangan menengah ke atas walaupun pada kenyataannya tidak seperti itu. Hal ini aku tulis sesuai dengan pengalaman selama aku menetap di Banda Aceh selama 2 tahun lebih. Tapi, yang pasti kota banda aceh punya daya sendiri sendiri bagi yang ingin berwisata ke banda aceh. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi seperti Rumoh aceh, museun tsunami, dan tentunya pantai-pantai menawan di sekitaran kota Banda Aceh(baca: pantai-pantai yang ramai pengunjung di Aceh).

Saat ini kota yang dulunya bernama kuta raja sudah berumur sekitaran ratusan abad dan setiap tahun ada perayaan tahun jadi Kota Banda Aceh. Saat ini aceh sudah aman untuk dikunjungi oleh siapapun yang ingin mengetahui Aceh. Welcome To Aceh... 

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity