Powered by Blogger.

Wednesday 26 November 2014

Kisah Asal Usul Pulau Sabang

Unknown / / 3
 Kisah Asal Usul Pulau Sabang-Sebelumnya aku telah menulis bagaimana keindahan pulau sabang yang aku sebut sebagai surga di tanah Aceh(WEH island, Surga dunia di tanah Aceh). Pada kesempatan kali ini aku akan menulis asal muasalnya pulau Sabang yang rangkum dari tulisan iskandar norman dari bukunya yang berjudul legenda aceh. Ada dua versi yang meriwayatkan asal mula pulau sabang. Terlepas dari sebagian masyarakat ada yang merpercayai dan tidak mempercayai sudah lumrah. Tapi, yang terpenting adalah kita mengetahui kisah-kisah di tanah kita sendiri, Aceh. 

Legenda Asal Usul Pulau WEH( Sabang)

 Kisah Asal Usul Pulau Sabang
pulau sabang

Menurut cerita yang sudah turun temurun pulau sabang pada dahulu kala mulanya bersatu dengan pulau Sumatera. Namun karena terjadinya gempa bumi yang dahsyat sehingga menyebabkan keduanya terpisah sampai sejauh 18 mil dan menurut riwayat juga pulau Sabang karena bencana tersebut menjadi gersang dan tandus.
Pada masa itu dipulau sabang hidup seorang putri yang cantik jelita. Melihat kondisi Sabang demikian, sang putri bermunajat kepada Tuhan pulau sabang tidak tandus seperti itu. Sang putri pun membuat seluruh perhiasannya ke laut sebagai sesembahannya. Selepas itu hujan pun trun dengan derasnya di susul dengan gempa bum yang begitu dahsyatnya sehingga terbentuklah sebuah danau yang kemudian hari dinamakan dengan danau Aneuk Laot. Danau Aneuk Laot saat ini tepat berada di tengah-tengah pulau sabang.

 Kisah Asal Usul Pulau Sabang
Pulau Sabang

Putri yang cantik jelita itu pun menceburkan diri ke laut sehingga terbentuklah pulau rubiah. Saat ini pulau rubiah salah satu pulau yang indah dan sangat terkenal. Sedangkan lokasi sang putri membuang perhiasannya menjadi taman laut yang memiliki keindahan terumbu karang yang indah dan mempesona. Itulah legenda yang berkembang di masyarakat sabang tentang asal usul pulau sabang. Setiap daerah punya legenda masing-masing yang masih dipertahan kelestariaannya dan tidak sedikit pula yang telah melupakannya yang hal itu sangat disayangkan.
Saat  ini pulau sabang sedang giat-giatnya mempromosikan diri sebagai kota wisata. Kita harus mendukung semua itu untuk kemajuan yang berarti bagi kehidupan masyarakat di Sabang. Hal tersebut tentu dengan tidak menghilangkan budaya kita sendiri kisah-kisah endatu kita dimasa lampau. Sekian....




Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

3 comments:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity