Powered by Blogger.

Wednesday 19 November 2014

BBM mahal, beralihlah ke "geureutan Angen"

Unknown / / 0
BBM mahal, beralihlah ke "geureutan Angen"
ilustrasi
sumber: google

BBM mahal, beralihlah ke "geureutan Angen"-Pengumuman harga sudah diumumkan dengan khidmat oleh presiden joko widodo dan sudah mulai berlaku pada tanggal 18 november tahun ini. artinya dengan keadaan BBM yang semakin mahal bagi orang  kecil(tentunya tidak mahal bagi orkay) menyebabkan orang-orang akan berperilaku hemat dalam penggunaan BBM. Banyak hal yang dapat dilakukan dalam penghematan energi yang semakin hari semakin kurang. Banyak hal dilakukan orang-orang diluar negara kita yang bisa ditiru dan dipraktikkan dalam kehidupan kita dinegeri ini.
Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah penggunakan transportasi jarak dekat dengan menggunakan sepeda. Pengguna BBM bisa ditekan untuk mengurangi penggunaannya dengan bersepeda menuju tempat tujuan yang terbilang jaraknya dekat. Bila hal tersebut dilakukan maka percayalah BBM bisa dihematkan sehingga bisa menyelamatkan devisa negara. Bersepeda selain bisa untuk aktivitas olahraga juga bisa dimamfaatkan seperti yang telah aku sebutkan diatas.
Sepeda dalam bahasa Aceh disebut dengan GEUREUTAN ANGEN salah satu alat transportasi yang mulai ditinggalkan masyarakat saat ini. padahal mesin-mesin yang sudah canggih saat ini berawal mula segalanya dari sepeda tersebut. Pada jaman dulu sepeda adalah satu kendaraan yang sangat populer dalam kehidupan masyarakat di aceh bahkan menjadi kendaraan utama dalam pemerintahan. Hanya segelintir orang yang mempunyai sepeda yang harganya terbilang mahal pada zaman itu. Para pejabat-pejabat dan kaum feodal yang tentunya mampu memiliki sepeda. Sepeda pada zaman dulu yang paling terkenal adalah sepeda ontel. Orang aceh biasa menyebutnya dengan “geureutan angen unta”. ada dua jenis yaitu geureutan angen agan dan inong yang dalam bahasa indonesia berarti sepeda pria dan sepeda wanita. Perbedaanya terletak pada rangka tengahnya yang sepeda agam besi tengan melintang lurus kedepan sedangkan pada sepeda inong rangka tengah melengkung kebawah.
Pada zaman sekarang ini sepeda hanya sekedar digunakan untuk berolahraga sehingga eksistensinya sudah tidak lagi bagi masyarakat di aceh khususnya. Pada saat seperti inilah kita harus menggalang kembali penggunaan sepeda sebagai transportasi untuk jarak dekat sehingga akan mengurangi penggunaan BBM untuk  mengisi mulut mesin-mesin yang berjalan. Mamfaat lain akan sangat pula yang akan kita dapatkan antara lain adalah tidak mencemari udara karena sepeda tidak ada gas beracun yag dibuang kecuali gas dari penunggang sepeda sendiri. Bayangkan beberapa tahun kedepan dengan penggunaan mesin-mesin tersebut yang setiap hari semakin meningkat. Di kota banda aceh tempat aku menetap ini saban hari  mulai meningkat kemacetannya karena volume kendaraan setiap hari semakin meningkat sedangkan ruas jalannya tidak seberapa besar. Kedepannya akan seperti Jakarta jadinya kalau tidak segera mengambil sikap yang bijak dari sekarang. Semoga saja BBM yang sudah naik sebagai suatu alat perubahan yang memakmurkan negeri yang selalu terbangun disiang bolong ini dan bersepedalah karena dengan begitu alam telah kita jaga keasriaannya sekaligus menghemat penggunaan energi. Wasssalam.

Oleh : NI

Mahasiswa Fakultas hukum unsyiah Aceh dan penggiat alam Aceh

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity