Powered by Blogger.

Thursday 13 November 2014

Takengon, kota dingin di atas awan

Unknown / / 0

Takengon, kota dingin di atas awan
kota takengon
Takengon, kota dingin di atas awan-Kota dingin, itulah sapaan yang akrap didengungkan untuk sebuah kota yang berada diatas awan. Kota takengon adalah ibukota dari kabupaten aceh tengah, salah satu kabupaten di Aceh yang kebanyakan didiami oleh orang-orang gayo. Kota yang berada di pinggiran danau lut tawar(baca:Danau di negeri seribu bukit) punya ketertarikan tersendiri bagi para pecinta travelling. Kota Takengon berjarak sekitar 100 KM dari jalam nasional Banda Aceh-Medan. Untuk menempuh kesana bisa dari Simpang Empat kota Bireuen. Kalau dari arah Medan belok kekiri dan teruskanlah perjalanan anda.
Takengon terkenal dengan suasananya yang dingin dan pemandangan lut tawar yang mempesona. Udara yang dingin apalagi dimalam hari menjadikan kota ini akan sangat asyik kalau dikunjungi. Aceh tengah terkenal pula dengan kualitas kopinya yang mendunia. Kualitas yang tidak bisa diragukan lagi oleh penikmat kopi diseluruh belahan dunia. Maka tak heran, takengon dikenal sampai ke luar negeri. Aku sendiri sudah 2 X menginjakkan kaki di tanah gayo ini. pertama kali ke takengon pertengahan 2013 yang lalu yang kedua kali satu minggu yang lalu. Sebenarnya yang kedua kali itu dalam rangka kegiatan kampus tempat aku kuliah sehingga tidak banyak waktu untuk menikmati alam gayo. Di Aceh tengah akan lebih dingin lagi bila berada di luar kotanya. Tempat kegiatan aku kemarin berada di kecamatan Bies. Disana akan lebih terasa cuacanya lebih dingin dari berada di kota Takengon. Percayalah bagi kita yang pendatang butuh jaket yang tebal untuk menghangatkan tubuh tentu hal itu akan berbeda dengan masyarakat yang sudah lama menetap disana sudah terbiasa dengan kondisi alam tersebut.
Keindahan alam aceh tengah dapat diragukan lagi. Sejauh mata memandang bukit menjulang tinggi dengan pepohonanya mengelilingi perkampungan penduduk. Di kecamatan bies hamparan kebun kopi memanjakan mata siapa saja yang memandang. Lain lagi suasana di malam hari dengan lampu dari rumah-rumah penduduk nampak berkelip-kelip dari atas bukit. Kota takengon yang paling nampak lampu-lampunya dari atas bukit dengan pemandangan danau lu tawar di pinggirnya.
Aceh tengah terkenal pula dengan adat dan budayanya. Salah satu kesenian gayo yang paling terkenal adalah tari saman gayo. Belahan dunia manapun akan terpukau dengan keunikan dan keindahan tari saman gayo. UNESCO pun telah menetapkan tari saman gayo salah satu warisan budaya dunia.  Banyak lagi kesenian masyarakat gayo yang akan aku tulis pada kesempatan berikutnya.
Tunggu apa lagi, packing tas teman-teman secepatnya dan bergegaslah ke dataran tinggi gayo...


Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity