Powered by Blogger.

Thursday 2 October 2014

danau di negeri seribu bukit

Unknown / / 0
danau lut tawr takengon

Takengon adalah kota yang terletak di dataran tinggi gayo. Kota yang berada di dekat danau laut tawar yang menjadi ikon kotanya. Takengon menawarkan suatu keindahan alam yang beragam. Takengon adalah ibukotanya aceh tengah yang merupakan salah satu kabupaten di aceh. Danau laut tawar yang berada di pinggiran menambah nilai keindahan bagi kota takengon tersendiri. Banyak wisatawan yang berkujung ke danau lut tawar bahkan ada yang dari luar daerah. Biasanya waktu hari-hari libur para pengunjung membludak ke danau lut tawar dan juga ke takengon.

danau laut tawr takengon

Udara yang dingin menjadi cirri khas kota ini. Udara pegunungan siap menyambut tubuh kawan-kawan. Apa lagi malam hari. Siapkan jaket yang tebal kawan-kawan. Ada sebagian orang mengatakan takengon adalah kota di atas awan. Karena memang teletak di dataran tinggi gayo. Bagi orang-orang gayo ataupun pendatang yang sudah lama menetap itu itu sudah hal biasa dengan udara dingin seperti itu tapi, bagi yang pelancong itu akan bebeda.
Danau laut tawar menurut cerita lama terbentuknya karena hujan yang terus menerus sehingga menyebabkan genangan air yang banyak yang kemudian lama-lama terbentuklah sebuah danau. Ada cerita lama yang lainnya, danau lut tawar terbentuk karena kesalahan putri pukes yang melanggar aturan ada setempat (baca: kisang ratu menjadi batu ) sehingga hujan terus-menerus beberapa hari sehingga membuat genangan air yang banyak. Sedangkan putri pukes sendiri menjadi batu yang saat ini ada dalam gua putri pukes yang berada di sekitar danau lut tawar.
Di bantaran danau lut tawar ada beberapa resort yang bisa di datngi oleh pengunjung. Air yang bersih dan dingin menjadi hal indah untuk di coba. Para pemancing mania banyak yang melemparkan mata kailnya untuk memancing ikan danau. Air sepoi-sepoi akan membuat kawan-kawan merasa ingin berlama-lama di sini. Aku sendiri yang sudah pernah ke sana ingin bisa berlama-lama di sana. Tapi waktu yang sempit hanya bisa sebentar kenikmati keindahan negeri penghasil salah satu kopi terbaik di dunia. Dataran gayo banyak menyimpan tempat-tempat yang indah yang terkadang kita belum menyadari begitu hebatnya tanah kita ini. aku akan kembali menikmati indahnya panorama keindahan dataran tinggi gayo pada kesempatam dan waktu yang lain. Banyak tempat lain yang akan aku ceritakan pada kesempatan yang lain.

danau lut tawar takengon



danau lut tawr takengon


Teruslah menjelajah, karena pada dasarnya manusia adalah penjelajah.  

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity