Powered by Blogger.

Tuesday 14 October 2014

saat gunung mulai berkoar-koar

Unknown / / 0

gunung meletus dengan dahsyat
ilustrasi gunug meletus
saat gunung mulai berkoar-koarSaat ini sedang marak-maraknya berita bencana alam yang sedang dialami negara kita indonesia. Memang negeri ini tidak pernah luput sebentar pun dari yang namanya bencana. Banjir, gunung meletus, kebakaran hutan dan lain-lain sudah menjadi akrab dengan kehidupan rakyat indonesia. Secara geografis indonesia terletak di daerah yang memang sering terjadi bencana seperti gempa. Indonesia memiliki lebih dari 100 gunung aktif yang berada dekat dengan masyarakat. Gunung-gunung yang telah di ciptakan tuhan tentu akan bergemuruh ketika sudah sampai pada waktunya.
Salah satu bencana dahsyat meletus gunung merapi di indonesia adalah meletusnya gunung krakatau pada tahun 1883. Meletusnya pulau gunung krakatau menewaskan lebih dari 36.000 orang. Suatu bencana yang dahsyat yang terjadi pada abad 18. Tidak hanya sampai disitu, gunung krakatau pun runtuh dalam laut. sekarang terbentuk anak krakatau yang semakin hari semakin tumbuh.
Sekarang ini gunung-gunung di indonesia pun lagi-lagi bergemuruhnya. Gunung sinabung di sumatra utara lagi beraktifitas sesuai dengan proses alam yang memang tidak dapat di hentikan. Hanya saja bisa mengantisipasi untuk mengecil volume segala kerugian yang di sebabkan oleh bencana. Sebenarnya gunung aktif memang punya proses yang akan selalu terjadi pada fase-fase tertentu dan terjadinya secara berulang-ulang. Gunung meletus biasanya dalam jarak ratusan tahun dengan tahun-tahun sebelumnya. Artinya misalnya gunung sinabung sekarang sedang melalui proses aktifitasnya berarti beberapa ratus tahun yang lalu sinabung sudah pernah terjadi proses tersebut.

gunung meletus dengan dahsyat
ilustrasi gunung meletus

Hukum alam memang selalu berputar-putar pada masanya sendiri sehingga kejadiannya sama seperti yang sudah terjadi ratusan tahun sebelumnya. Hukum alam akan selalu sama, yang hanya beda hanya masanya saja. Begitu juga dengan bencana-bencana lain yang menimpa indonesia tercinta. Gempa dan tsunami yang terjadi di aceh tahun 2004 silam menurut penelitian sudah pernah terjadi sebelumnya pada ratusan tahun yang sudah lalu. Bahkan kerajaan-kerajaan hindu yang ada di aceh pada jaman itu hancur peradabannya karena bencana dahsyat tersebut. Peneliti menemukan peninggalan batu dan artefak sejarah yang kemudian untuk di pelajari. Dari situlah pakar geologi belajar membuka sejarah masa lalu manusia jaman itu untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

Bencana memang tidak dapat di hindari, hanya saja Allah memerintahkan kita untuk terus merubah keadaan diri kita dan tidak hanya pasrah dengan keadaan. Allah juga memerintahkan kepada kita untuk memelihara jiwa dari marabahaya. 

hancurnya bangunan karena gempa
ilustrasi gempa bumi


Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity