Powered by Blogger.

Tuesday 28 October 2014

kisah tsunami di bangunan megah

Unknown / / 0


kisah tsunami di bangunan megah
museum tsunami aceh 

kisah tsunami di bangunan megah -Aceh porak-poranda setelah gempa bumi disusul gelombang tsunami akhir 2004 silam. Kini aceh sudah bangkit dari keterpurukan dengan saling membantu antara pemerintah dan rakyat demi mewujudkan pembangunan aceh yang lebih baik kedepan. Masyarakat dunia turut andil dalam membangun aceh terbukti dengan bantuan dari masyarakat internasional yang begitu banyak diterima oleh masyarakat aceh.
Bencana alam yang dahsyat telah meluluh-lantakkan negeri serambi mekkah. Negeri yang sewaktu itu tengah berkecamuk antara GAM-RI. Rakyat aceh tak pernah selesai dengan yang namanya perang, sampai kemudian bencana itu pun datang membuka mata hati orang-orang yang bertikai. Tahun 2005, perdamaian pun dirajut sampai seperti yang kita rasakan saat ini. semoga perdamain itu abadi.
Bencana itu memang sudah berlalu sekitar 9 tahun yang lalu. Pemerintah membangun museun dengan menamakan “museum tsunami aceh”. Museum tsunami aceh terletak berdekatan dengan lapangan blang padang. Museum tsunami sebagai catatan sejarah kepada anak cucu kita nanti bahwa di aceh pernah terjadi bencana dahsyat yang merenggut banyak korban. Gaya arsitektur yang indah mencari ciri  khas dari gedung museum tersebut. Gaya arsitekturnya menyerupai sebuah kapal laut. sekarang ini museum tsunami aceh sudah jadi salah satu objek wisata di banda aceh. Banyak pengunjung dari dari daerah sekitar bahkan ada juga dari luar daerah aceh. Apalagi sewaktu msim libur sekolah, pengunjung akan makin banyak terutama anak-anak sekolah.
Sewaktu pertama kali memasuki museum tsunami maka kita akan di hadapkan pada lorong yang gelap dengan suara air yang mengalir di tembok dinding museum. Ini melambangkan bagaimana tsunami itu terjadi di aceh. Biasanya pengunjung akan merasa takut ketika akan memasuki museum.
Memasuki ke dalamnya akan menemukan ruang yang di penuhi dengan kaca. Di ruangan tersebut penuh dengan layar monitor yang menampilkan kondisi aceh setelah bencana tsunami. Gambar-gambar tersebut akan menyadarkan kita bahwa kekuasaan Allah tidak ada bandingannya. Selanjutnya jalan memutar ke atas sampai ke jembatan dalam museum. Di bawah jembatan ada kolam yang di hiasi dengan banyak ikan. Banyak penjual di sekitar museum yang menjual umpan ikan sehingga pengunjung sering membeli umpan ikan kemudian melemparkan ke kolam ikan tersebut.
Di ruangan atas banyak replika dan juga peninggalan sisa tsunami. Replika bagaimana kedahsyatan gelombang tsunami. Bila kawan-kawan berkunjung ke Aceh dan khususnya ke banda aceh, tak salah bila mengunjungi museum tsunami aceh. Siapa yang ingin berkeliling bisa hubungi di kontak email aku..insya Allah akan ku temani kemana saja.


”Kenali aceh lebih dalam sebelum menilainya..   “

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity