Powered by Blogger.

Tuesday 21 October 2014

dunia maya, dunianya pemakai topeng

Unknown / / 0
dunia maya,dunianya pemakai topeng
ilustrasi medsos

dunia maya,dunianya pemakai topeng-Perkembangan teknologi yang semakin canggih telah mengubah setiap sendi-sendi kehidupan manusia di bumi. manusia modern yang serba dalam genggaman setiap insan yang hidup. Teknologi menjadi teman hidup setiap manusia dan bahkan sudah menjadi bagian dari budaya manusia. Manusia semakin hari semakin memikirkan bagaimana untuk bisa melansungkan hidupnya untuk lebih baik dan mudah.
          Salah satu hal yang ingin aku kaitkan antara budaya dan teknologi adalah dalam hal bagaimana manusia zaman ini mengekspresikan emosinya di media sosial. Sebagaimana kita ketahui media sosial saat ini menjadi satu kebutuhan bagi manusia. Setiap hari semakin meningkat pemakai media sosial. Facebook, twitter, line dan lain-lain lagi sederet dibelakangnya. Sebenarnya media tersebut punya nilai positif yang banyak disalahgunakan oleh manusia. Manusia cenderung menggunakan pada hal yang sebenarnya akan menampakkan sisi kelemahan manusia. Seperti aku sebutkan diatas terkait mengekspresikan emosi pada media sosial. Fenomena seperti ini sudah mewabah disetiap lapisan masyarakat. Sebelumnya pernah kita mendengar tentang komentar orang pada sebuah rumah sakit sampai berurusan dengan pihak yang berwajib. Kemudian dari jogya seorang wanita di kritik habis-habisan oleh masyarakat terhadap kicauannya di twitter. Pada dasar-dasarnya mereka itu hanya mengekspresikan uneg-uneg yang ada di hatinya. Tapi berbuntut panjang sampai berurusan dengan aparat. Padahal semua itu di luar perkiraan tiap-tiap insan manusia.

dunia maya,dunianya pemakai topeng
ilustrasi medsos

            Dari tiap kronologi kejadian aku menyimpulkan manusia yang hidup di zaman modern ini menjadikan dunia maya sebagai tempatnya bersandar. Manusia saat ini seakan hidup di dua dunia yang telah di ciptakannya sendiri. “dunia maya” menjadi dunia baru bagi manusia sebagai tempat peralihanya ketika didunia nyata manusia merasa terpinggirkan. Ada aspek psikologis pada manusia ketika individu terasing dalam satu kelompok maka akan di cari kelompok lain. Ketika dunia nyata mengekang kebebasan manusia maka dunia maya sebagai pengganti terhadap pengekangan dunia nyata. Dunia maya yang tak berwujud tapi di akui keberadaannya oleh manusia. Di dunia maya manusia dengan bebas bisa melepas segala perasaan yang menjanggalnya. Dunia maya menjadi dunia baru bagi manusia pada zaman ini. dampak sosial yang mungkin terjadi dengan perilaku dan fenomena tersebut adalah  hubungan manusia didunia nyata akan menjadi buruk karena interaksi sesama manusia akan sangat berkurang karena sibuk berinteraksi dengan orang-orang didunia nyatanya. Bahkan dengan orang terdekatnya menjadi renggang, dengan tetangga sendiri di samping kiri-kanan rumah sudah jarang sekali berkomunikasi. Sisi positifnya adalah manusia semakin mudab berhubungan dengan siapa saja di seluruh belahan dunia. Tidaka da lagi batas yang memisahkan antara satu manusia dengan manusia lainnya. Dunia dalam genggaman begitulah ibarat yang bisa kukuhkan untuk yang bernama medsos.

            Terkait dengan manusia saat ini yang sering mengekspresikan diri pada media sosial, ada perilaku buruk lain pada manusia sebagai dampak dari medsos. Manusia sering mengumpat di setiap status, kicauan, dan lain-lain. Saling ngejek, saling hina, saling mengkritik. Sepatutnya kita harus menyadari kita ada manusia lain tempah kita menumpahkan segala bentuk emosi. Jangan sampai kita di peralat oleh teknologi yang semakin canggih saat ini(baca:teknologi semakin canggih, manusia semakin bodoh ). seharusnya kita mampu meletakkan suatu hal sesuai dengan tempatnya masing-masing sesuai dengan kodrati. Semoga manusia tidak semakin bodoh dengan teknologi semakin canggih. Semoga ! 

dunia maya,dunianya pemakai topeng
ilustrasi medsos

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity