Powered by Blogger.

Tuesday 21 October 2014

teknologi semakin canggih, manusia semakin bodoh

Unknown / / 0

teknologi semakin canggih, manusia semakin bodoh
ilustrasi teknologi 

teknologi semakin canggih, manusia semakin bodoh-Perkembangan teknologi telah memudahkan setiap hal dalam kehidupan manusia. Teknologi telah mengubah dari sisi apa saja kehidupan manusia. Manusia menjadi enteng dalam melakukan sesuatu karena ada alat dari hasil karya manusia. Manusia hidup di zaman yang serba canggih punya masalah yang penyebabnya oleh teknologi sendiri. Alat-alat atau produk teknologi terkadang menjadikan manusia lain semakin bodoh. Hanya penemu alat tersebut dan beberapa orang lain yang mungkin bisa menafsirkan bagaimana maksud akan kehadiran setiap hasil teknologi.
Manusia lebih percaya kepada alat teknologi ketimbang kepada sesama manusia. Secara psikologis manusia zaman ini merasa segala yang hadir dari teknologi adalah sesuatu yang benar adanya dan tak mungkin salah lagi. Manusia sebagai konsumen tentunya pengkomsunsi teknologi dan sudah pasti teknologi di kembangkan untuk kemajuan makhluk yang namanya manusia. Tapi sudah tepatkah kita menempatkan teknologi dalam kehidupan kita  masing-masing. Manusia saat ini bisa dibilang dibodohi oleh teknologi sehingga kalau ingin ditelususri lebih jauh akan didapati bahwa semakin canggih teknologi manusia semakain bodoh. Sebagai contoh adalah penggunaan kalkulator. Pedagang zaman ini kalkulator sudah menjadi hal wajib sebagai modal utama berdagang. Pedagang tanpa kalkulator sama saja sperti pergi ke sawah tidak membawa cangkul. Begitu pentingnya kalkulator bagi pedagang. Saat terjadi transaksi perjualan kalkulator pun digunakan. Manusia begitu percaya dengan namanya kalkulator. Setiap angka yang keluar dari kalkulator bagi manusia sudah betul dan tak bisa di ragukan lagi. Padahal bisa saja salah atau error tapi manusia tidak merasa tak yakin dengan namanya kalkulator.
Dari contoh kecil itu dapat diambil kesimpulan bahwa manusia dengan adanya teknologi malas akan semakin timbul pada diri manusia. Manusia hanya menerima instannya saja dari teknologi. Maka tak heran fisik manusia menjadi semakin lemah dengan adanya teknologi. Bukan berarti kita manusia tidak boleh berkembang untuk lebih baik. Silahkan saja kita mengubah nasib karena Allah pun menyuruh demikian. Tapi kita harus tahu nilai positif yang kita dapat, harus bisa membedakan mana yang bermamfaat dan mana hanya sampah belaka.
Perkembangan teknologi juga berpengaruh pada media sosial saat ini. berapa banyak media sosial saat ini yang bertabur bak jamur di musin hujan. Salah kaprah dalam penggunaan media sosial berdampak buruk terhadap kehidupan manusia. Saling hina, saling mengejek, saling mengkritisi dan hal negatif lain sering dilakukan di media sosial(baca:dunia maya, dunianya pemakai topeng ). Salah satu nilai negatif dari akibat teknologi juga seperti contoh yang telah aku sebutkan diatas tadi.

Sudah saatnya kita berbenah diri. Jangan hanya duduk terpaku menggunakan teknologi ciptaan orang-orang barat. Mereka produsen yang tentunya punya nilai ekonomis ketika menciptakan suatu alat teknologi.

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity