Powered by Blogger.

Monday 24 November 2014

Pesona Alam Irigasi Brayeung Menakjubkan

Unknown / / 0
Pesona Alam Irigasi  Brayeung Menakjubkan-Aceh memang satu wilayah yang punya keindahan masing-masing yang mempesona insan mana saja yang menatapnya. Darat dan laut(baca:pantai-pantai yang ramai dikunjungi di Aceh, WEH Island, surga dunia di tanah aceh) punya daya tarik masing-masing dengan keadaan alamnya. Salah satunya adalah aliran sungai yang berada di tengah-tengah hutan di wilayah Leupung Aceh Besar. Aliran sungai yang masih bersih dan masih bisa dibilang terjaga keindahannya menjadi ciri khas yang tempat yang  namanya irigasi Brayeung.  Lokasinya yang agak masuk ke pedalaman memiliki hawa yang sejuk karena masih banyak pohon yang menghasilkan udara yang bersih.

Pesona Alam Irigasi  Brayeung Menakjubkan
Brayeung


Pada hari-hari libur banyak warga yang memadati lokasi yang asri ini. ada yang berasal dari banda aceh, aceh besar dan dari daerah-daerah lain di Aceh. Mahasiswa-mahasiswa yang sedang kuliah di Banda Aceh pun banyak yang mengunjungi tempat ini untuk sekedar melepaskan stres karena kesibukan kuliah. Hari minggu adalah puncaknya pengunjung yang memadati Brayeung.
Aliran sungai yang berasal dari pegunungan akan memanjakan pengunjungnya. Airnya yang dingin membuat siapa saja akan betah berlama-lama dalam air. Pengunjung di persilahkan berenang sepuasnya asal tidak menyalahi batas yang sudah ditentukan oleh pengelola. Selain itu, ada juga jasa penyewaan perahu karet yang bisa digunakan untuk mengarungi disekitaran tempat itu. Penyewaan sekitaran Rp 150,000 sampai Rp 200.000. sesuai dengan ukuran yang ingin diinginkan oleh penyewanya.
Pesona Alam Irigasi  Brayeung Menakjubkan
Brayeung

Dari kota Banda Aceh, Brayeung berjarak lebih kurang 20 KM menuju ke arah Meulaboh. Jadi untuk saat ini akan menghabiskan BBM sekitar lebih kurang 1 liter dengan harga saat ini Rp 8.500\liter. Tidak termasuk mahal dengan imbalan melihat keindahan alam beurayeun dengan mata telanjang. Brayeung masuk ke perkampungan dari jalan lintas Banda Aceh-Meulaboh belok kekiri. Kemudian lurus dan pasang mata teman-teman baik karena pemandangan alam telah menanti didepan. Hamparan sawah dipinggir jalan akan menemani sobat untuk sampai ke tujuan. Hutan yang menjulang tinggi diatas perbukitan seakan menyuruh sobat mempercepat langkah kakinya menginjak tanah brayeung. Jalanan yang sempit dan licin pada musim hujan agar sobat berhati-hati dalam mengendarai kendaraannya.
            Aliran sungai kecil yang berada dipinggir jalan menjadi pemandangan yang tidak bisa dihindari oleh sepasang mata kita di tambah lagi dengan perkebunan warga di pinggiran jalan. Sesampai di persimpangan ada petugas yang akan memberi sobat tiket masuk dengan membayar Rp 3.000. setelah itu terus menyusiri jalan karena tidak lama lagi akan sampai tujuan. Brayeung telah berada didepan mata teman-teman semua. Nikmatilah alam yang telah diciptakan oleh Allah dengan hal-hal positif. Janganlah sesekali merusak alam ataupun membantu merusak alam.  Lestarikan alam kita untuk anak cucu kita.

 Welcome to Aceh. 

Unknown


aku dilahirkan di tanah aceh yang sedang dalam masa pendidikan di banda aceh. kegiatan menulis dan berpetualang adalah hobi yang menyenangkan bagiku.
Follow me Nanggroeijoe

0 komentar:

Travel Blogger Indonesia

Aceh Blogger Cummunity

Aceh Blogger Cummunity